Tipe tipe Astronom Amatir yang perlu kamu ketahui*

gj

Sepertihalnya Bintang yang mempunyai berbagai tipe dan klasifikasi yang berbeda-beda, astronom amatir pun juga memiliki beberapa tipe. Menurut Stephen howcan dalam bukunya yang berjudul a brief history of amateur Astronomers ,ada 101 tipe astronom amatir. Berikut ini 5 tipe utama diantaranya;

1. Astronom observer.
Astronom amatir tipe ini biasanya paling Suka ngamat, kadang difoto juga obyek langit yang dia bidik. faham instrumen pengamatan,kalo perlu bikin atau modifikasi instrumen sendiri, gak peduli bidikannya bagus atau keren yang penting bangga bisa berkarya sendiri, umumnya gak begitu ngerti dan gak begitu peduli dengan teori-teori alam semesta, agak males baca buku dan artikel keastronomian apalagi yang berbahasa Inggris. obyek favoritnya apa yg biasa dilihat sehari hari seperti Bulan, planet tata Surya, Bima sakti, messier object dan ISS. Aplikasi andalannya mentok aplikasi sky map; buat panduan kalo lagi ngamat.

2. Astronom kutu buku.
Astronom amatir tipe ini pengetahuannya luas, semua buku dilahap termasuk yang berbahasa asing, selalu update, gak begitu suka ngamat apalagi bidik foto langit, tapi suka share foto orang termasuk yang ilustrasi. ngerti jenis jenis instrumen pengamatan tapi gak begitu ngerti cara kerjanya. faham berbagai teori dan selalu siap debat. suka share info obyek obyek eksotis.
obyek favoritnya Supernova, void, quasar, CMB, eksoplanet dan Black Hole (Kadang lebih suka menyebutnya bh). aplikasinya semua aplikasi astro terinstall walau jarang dibuka.

3. Astronom olimpiade.
Mirip mirip astronom kutu buku; Pinter pinter, faham teori sampai rumus rumus yang njelimet. waktunya banyak dihabiskan untuk latihan soal olimpiade. Jarang ngamat, mungkin gak begitu suka ngamat. semangatnya luar biasa menggelora karena masih muda, suka mendoktrin temen temen sekolahnya agar mau gabung, tapi mudah putus asa kalo sudah kalah lomba.
Obyek favoritnya bintang bintang ter seperti Betelgeuse, Antares, Sirius, juga UY scuti.
Aplikasi favoritnya stellarium dan kalkulator scientific.

4. Astronom Hura Hura.
Suka ngamat tapi gak berani sendirian. Sukanya kumpul kumpul komunitas. Kadang sampe lupa ngamat kalo sudah kumpul, banyak ngobrol dan foto². Mereka inilah yang biasanya paling getol mengkampanyekan Astronomi ke publik, walau kalo ada pertanyaan dari masyarakat sering gak berani jawab sendiri, call a friend menjadi opsi. Semangatnya kadang musiman, bergantung seberapa besar atau langka fenomena yang happening.
Obyek favoritnya Bulan, Matahari, dan hujan meteor.
Aplikasi andalannya wallpaper widget astronomi dan aplikasi-aplikasi portal komunitas.

5. Astronom lemah.
Astronomi adalah obat kesepian baginya. Kadang astronomi dimanfaatkan sebagai wadah modus pdkt. Suka melihat astronomi dari sisi yang berbeda dan nyentrik. Suka menghibur tapi dirinya sendiri rapuh. Mudah putus asa, mendung dikit gak jadi ngamat. temen temennya ngamat, dianya tidur. Kotor dikit cuci tangan, Berkeringat dikit langsung mandi.
Obyek favoritnya; dark energy, dark matter, dan dark hearth break.
Aplikasi andalannya pod nasa, astronomical event, dan meme editor.

Tipe Astronom amatir ke 6 sampai 101 tunggu terbitnya tanggal 31 November yaa…

*#JustForFun #fakeArticle

Hammam N

Pembina di Surabaya Astronomy Club.

More Posts

Follow Me:
FacebookYouTube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *