SMP & SD YPPI 1 Surabaya, Bersiap Menghadapi Gerhana Cersama SAC

SAC, Surabaya (220160302_074613_001

 

Tepat pukul 07.00 siswa SMP dan SD YPPI Surabaya telah memasuki aula besar di lantai dua sekolah yang berada di Jl. Donokerto XI Surabaya ini. Tampak pula guru-guru mendampingi mereka. Setelah acara pembukaan, dimulailah acara sosialisasi gerhana matahari oleh Cak Hammam, ketua Surabaya Astronomy Club mengenai astronomi khususnya tentang gerhana matahari. Tampak pula wartawan dari CNN Indonesia meliput kegiatan ini.

Begitu menginjak sekitar pukul 8, seluruh siswa diajak untuk keluar ruangan menuju lapangan sekolah. Disana telah ada cak Saiful, cak Arga, cak Roni sedang menyiapkan teleskop. Sedangkan ning Purwanti sibuk membawa kacamata matahari. Dokumentasi dari SAC oleh cak Fahrul.

Dalam bservasi kali ini SAC membawa 2 teleskop refraktor dan 1 teleskop reflektor Celestron 114 EQ. Namun sayang, cuaca kurang bersahabat. Mendung menutupi matahari. Meskipun demikian siswa sangat antusias mengikuti arahan Cak Roni ketika menjelaskan bagaimana cara membuat kacamata matahari secara mandiri sambil menunggu munculnya matahari.

20160302_082053

 

Sekitar pukul 9.25 matahari mulai tampak, segera saja cak Arga, cak Hammam dan cak Saiful membidik penampakannya menggunakan 3 teleskop. Oleh pihak sekolah, Pak Didit dan bu Tris, siswa dikondisikan untuk mengantri mengintip matahari. Acara yang berlangsung kurang lebih 3 jam ini berlangsung dengan penuh semangat, dari murid kelas 1 SD hingga kelas 9 SMP YPPI 1 Surabaya bergantian melihat matahari menggunakan teleskop maupun kacamata matahari.

 

 

 

Saiful Arifin

Saiful Arifin

Saya Gus Ipul oh maaf Cak Ipul, tinggal di Surabaya Timur. Aktif nulis dengan nama pena Saif Alba. Menggeluti dunia SEO & Internet Marketing. Hobby baca, terbangan, niup seruling, main piano, ngintip teleskop. Suka bercanda tapi serius saat diajak mikir sampe kepala miring-miring :-)

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle PlusYouTube