REVIEW APLIKASI ANDROID BERBAU ASTRONOMI 1: GOOGLE SKY MAP

Halo pemirsa Surabaya Astronomy Club, senang sekali bisa bertemu dengan kalian semua lagi, walau kalian mungkin gak serta merta menjadi senang dengan membaca tulisan saya. Kalau ada yang tiba-tiba sakit perut, sakit gigi, atau sakit hati, saya hanya berharap itu semua bukan karena artikel saya.hehehe..
ajaibnya aplikasi android: google sky map
kali ini saya ingin mengulas sebuah aplikasi astronomi berbasis OS android,aplikasi apakah itu? mari kita simak…

# PETA LANGIT
Sepertihalnya peta bumi yang memandu siapa saja yang ingin menjelajah seluruh wilayah permukaan bumi, maka setiap laskar tropong pun membutuhkan adanya peta langit. Petualang dapat menjelajahi kekayaan alam, tempat-tempat eksotis, pantai pasir putih, gurun pasir, maupun luasnya samudra dengan bermodal peta bumi. Kalau dulu peta terbuat dari kertas yang sangat lebar,kini dengan modal smartphone kita semua bisa mengakses peta dibalik layar ponsel yang simple, realtime, dan akurat. Ditambah dengan berbagai fitur seperti navigasi,direction, share place, dan sebagainya, semakin memanjakan penguna peta digital.
Seakan tak mau ketinggalan, peta langit pun kini tak cukup disajikan dengan print out peta bintang ataupun berbagai macam peta bintang manual portable. Hadirnya teknologi pun membawa peta bintang menjadi begitu mudah diakses. Berbagai aplikasi telah ditelurkan demi memuaskan dahaga para laskar tropong untuk menjelajah langit. Sebut saja aplikasi Sideralis dan mobile star chart yang beroperasi pada perangkat bersistem operasi Java, sampai yang kini hadir di ponsel bersistem operasi Android yakni google sky map, skeye, stellarium for mobile, mobile observatory,dsb.
Kali ini saya akan coba sedikit mengulas tentang peta bintang yang mungkin bisa dibilang paling sederhana dan gampang penggunaannya yakni Googgle Sky Map yang beroperasi pada ponsel Android.
https://scontent-b-sin.xx.fbcdn.net/hphotos-xpa1/v/t1.0-9/s526x296/10423792_10202679985511880_1132345670751968164_n.jpg?oh=861625792fcedafea1fcf018255053c5&oe=551960B0 tampilan google sky map
(tampilan google sky map)
Aplikasi android berukuran 2.16MB dengan 10 juta lebih unduhan ini dapat di install secara gratis di . Dengan aplikasi ini kita dapat memproyeksikan keadaan isi langit secara 3 dimensi dan real time dibalik layar ponsel kita dan bekerja secara offline,artinya aplikasi ini tidak membutuhkan sambungan data internet untuk menjalankannya. Kemanapun ponsel kita arahkan, maka gambar yang tersaji adalah gambaran dari keadaan langit saat itu juga. Informasi yang disajikan meliputi bintang-bintang terang berikut namanya, tatanan rasi bintang, DSO (deep space object), planet-planet tata surya, dan tak ketinggalan pula bulan dan matahari.
Berikut beberapa fitur yang bisa kita temukan di aplikasi google sky map.
1. Real time & real windows sky map.
Ketika pertama kali kita membuka aplikasi ini, maka secara otomatis kita akan mendapat sajian peta bintang secara realtime. Tekan layar sekali dan akan muncul shortcut menu disebelah kanan layar ponsel kita yang akan memberikan opsi kepada kita obyek apa saja yang ingin ditampilkan atau tidak ditampilkan. . Perlu diketahui, bahwa hardware sensor e-kompas mutlak dibutuhkan oleh perangkat android untuk menjalankan fungsi real time real windows ini. Saat ini banyak sekali ponsel android yang tidak menyertakan sensor kompas,bahkan yang high end sekalipun. Sensor kompas justru banyak disematkan pada ponsel-ponsel android keluaran lama.jadi bila pemirsa ingin mendapatkan fungsi maksimal dari aplikasi google sky map ini, maka kenali lebih dulu apakah ponsel android pemirsa sudah dilengkapi dengan sensor kompas apa tidak.
2. Bagaimana bila kita tak ingin capek-capek mengikuti posisi benda langit? Saya hanya ingin melihat peta langit dengan posisi santai. Pada layar utama, tekan sekali pada layar dan tekan simbol kompas di pojok kiri bawah,maka sensor kompas pada ponsel akan mati dan peta langit dapat dinikmati dengan posisi bebas.
3. Search object.
search
Pada bilah menu,kita akan mendapatai opsi ‘search’. Dengan fitur search ini kita dapat mencari obyek langit apapun mulai dari planet, bintang, rasi bintang, bulan,matahari, serta obyek Messier dan tak ketinggalan hujan meteor. Masukkan kata kunci benda langit yang ingin kita ketahui posisinya,dan sistem aplikasi akan secara otomatis memandu kita mengarahkan pada obyek yang ingin kita cari.
4. Location Setting
location setting
Karena bentuk bumi sebagai pengamat adalah bulat, maka keadaan langit yang kita lihat di atas Surabaya tidaklah sama dengan wilayah lain. Katakan saja di jam ini detik ini matahari tepat diatas Surabaya,maka di belahan Amerika sono sedang malam dan matahari tak kelihatan. Maka sangat penting juga untuk memasukkan koordinat ponsel kita secara akurat pada aplikasi ini. Dalam menu setting lokasi pengamat ini kita akan diberi 2 pilihan; Penentuan lokasi dengan menggunakan GPS, atau menggunakan set lokasi manual, dan dilengkapi dengan penggunaan koreksi magnetis atau kompas. Ketika kita men’set lokasi manual,kita bisa bebas memilih lokasi manapun disegala penjuru dunia sebagai lokasi kita. Tinggal masukkan titik koordinat suatu wilayah yang ingin kita jadikan titik pengamatan,maka peta langit akan menyajikan hamparan langit yang sesuai.
5. Time Travel.
https://scontent-a-sin.xx.fbcdn.net/hphotos-xfa1/v/t1.0-9/10801684_10202679039168222_1320876070695806175_n.jpg?oh=8ebb5c4fd71e8efaa63ad03fb58cabc7&oe=54D391F8
Kita dapat menjelajahi waktu!! Dengan menu ini kita dapat mensimulasikan keadaan langit pada waktu kapanpun. Kita dapat mengganti tanggal dan waktunya. Misalkan bagaimana keadaan langit sebulan lagi,apa yang berbeda?, atau bagaimana kedudukan hilal lebaran tahun depan, atau mungkin bagaimana keadaan langit ketika kita lahir dulu dengan memasukkan tanggal lahir dan jam kapan kita dilahirkan. Selain itu juga opsi ‘popular date’ yang akan menyajikan keadaan langit saat ini,petang nanti,esok pagi, bulan purnama berikutnya,dsb.
6. Toggle Night Mode
Fitur ini memungkinkan kita merubah warna tampilan layar menjadi merah pekat.warna Merah pekat menyerap sedikit cahaya,dengan demikian beda kontras antara layar ponsel dan langit akan tipis dan mata kita tidak akan silau ketika melihat layar ponsel dan langit secara bergantian.
7. Gallery
gallery
Dalam menu Gallery ini kita akan disuguhi beberapa gambar deep space yang terkenal diantaranya Crab Nebula,Eagle Nebula, galaksi Andromeda, Pleiades, Orion Nebula,dan planet-planet tata surya. Pilih salah satu dari gambar tersebut dan kita akan diajak untuk menjelajah dimana obyek tersebut saat ini sedang bertengger.
8. Kelebihan dan kekurangan aplikasi google sky map.
User interface aplikasi ini sangat sederhana dan mudah digunakan. Tak perlu banyak setting ini itu,pengguna awam pun dapat dengan mudah mengoperasikan aplikasi ini. Namun untuk pemirsa yang menginginkan keakurasian yang tinggi,aplikasi ini belum menjadi jawaban. Walaupun arah mata angin telah disertakan,namun nilai besaran sudut tidak ada. Begitu juga dengan garis horizon dan koordinat langit,garis semu nya memang ada,namun nilainya tidak dapat ditampilkan sehingga misalkan kita ingin mengetahui berapa derajat ketinggian bulan saat ini,maka informasi nilainya tidak akan kita dapatkan.

Pemirsa,mungkin demikian yang bisa saya ulas mengenai aplikasi peta bintang penunjang astronom amatir GOOGLE SKY MAP ini. Jangan lupa,selalu update informasi astronomi mu di website Surabaya Astronomy Club dan stay tune di grup facebook SAC untuk mengikutu segala kegiatan berbau astronomi bercita rasa suroboyoan. :D

Hammam N

Hammam N

Ketua Surabaya Astronomy Club

More Posts

Follow Me:
Facebook