Reportase Kegiatan SAC dalam Surabaya Car Free Night 2013-2014

Belajar dari pengalaman perayaan malam tahun baru selama ini, pihak kepolisian mencetuskan konsep perayaan malam Tahun Baru yang berbeda di Surabaya. Selama ini, perayaaan malam tahun baru masyarakat biasanya hanya melakukan konvoi dengan menggunakan kendaraan bermotor, dan perayaan-perayaan di tempat-tempat hiburan. Bahkan tahun lalu, polisi harus bekerja keras berjibaku untuk merazia kendaraan bermotor yang berknalpot brong.
Perayaan malam tahun baru ini, dikemas dengan konsep Car Free Night. Ini merupakan pertama kalinya, malam tahun baru di Surabaya dikemas dalam acara Car Free Night. Car Free Night Surabaya digelar pada malam tahun baru 2014 di 4 ruas jalan (Raya Darmo, Pangsud, Gub Suryo, dan Tunjungan) kerjasama Suara Surabaya Media dengan Polrestabes Surabaya dan Pemkot Surabaya.
Ada beragam kegiatan yang digelar di 4 ruas jalan dengan 4 tema berbeda:
1. Komunitas (Jl. Pangsud)
2. Budaya (Jl. Raya Darmo)
3. Olahraga dan Edutainment (Jl. Gub Suryo), dan
4. Youth (Jl. Tunjungan)
Empat ruas jalan yang digunakan untuk car free night mulai ditutup pukul 15.00 WIB. Di sepanjang empat jalan tersebut bakal digelar berbagai acara mulai dari tari-tarian tradisional khas Surabaya, festival band, lomba cheerleader, streetball performance dan parkour, juga pameran produk dari 70 Usaha Kecil Menengah (UKM) di bawah naungan Dinas Koperasi dan UKM Kota Surabaya. Termasuk juga aksi berbagai komunitas di Kota Pahlawan. Surabaya Astronomy Club turut ikut serta dalam parade komunitas dan mendapat fasilitas berupa booth di Jl. Panglima Sudirman.
Beberapa anggota SAC bahkan sangat antusias dan telah stand by di booth sejak sore setelah ruas jalan pangsud ditutup. Setelah beberapa saat menunggu, satu per satu anggota yang lain pun datang, bersamaan dengan itu suasana car free night semakin malam semakin ramai. SAC langsung bergerak dengan ‘menggelar’ dua teleskop dan dua laptop yang memutar video serta animasi-animasi astronomi di depan booth. Masyarakat yang penasaran pun berbondong-bondong antre untuk sekedar mengintip obyek apa yang sedang dibidik oleh teleskop-teleskop SAC.
Kendati malam itu cuaca sedikit tak bersahabat karena mendung dan bahkan sempat gerimis, namun itu tak menyurutkan semangat kami untuk lebih mendekatkan jagat raya ini ke mata masyarakat Surabaya lewat teleskop-teleskop kami. Begitu pula masyarakat, dibakar rasa penasaran yang cukup besar, walau antre panjang, mereka pun tertib bergantian mencoba mengoperasikan teleskop-teleskop SAC. Banyak sekali masyarakat yang cukup antusias dan sesekali melemparkan pertanyaan terkait astronomi, para laskar teropong yang stand by

pun berbagi kisah dan pengalaman ke khalayak sehingga suasana di booth kami pun serasa hangat dan semakin hidup.

Hingga puncaknya menjelang tengah malam, suasana pun makin riuh dengan pesta kembang api yang digelar di sekitar jl. Pangsud, semua masyarakat tumpah ruah di jalan menikmati pesta kembang api penutup tahun 2013. Malam yang sangat berarti bagi kami bisa lebih mendekatkan masyarakat terhadap dunia astronomi, dengan berakhirnya pesta kembang api, berakhir pula seluruh rangkaian acara Surabaya Car Free Night 2013-2014 kali ini, kami pun tak lupa berfoto ria di akhir acara, membuka kalender baru 2014, teriring doa semoga di tahun yang baru ini, semua kegiatan yang kami lakukan terkait pengembangan dunia astronomi bisa semakin lancar, maju, dan sukses sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh banyak pihak.
Oleh: Muchammad Thoyib
SAC bersama kawan IYE

 

Cak David sedang menerangkan ke pengunjung
Muchammad Thoyib As

Muchammad Thoyib As

Secretary, Filmmaker, Cinematography Instructor, Amateur Astronomer, Traveler, Poet, Jurist, Agrotechnologist

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusFlickrYouTube