Program SAC Telescope Goes To School

telescope goes to school

Telescope Goes to School adalah sebuah program edukasi astronomi yang digagas oleh komunitas Surabaya Astronomy Club. Dalam program ini, SAC akan berkunjung ke sekolah-sekolah memperkenalkan astronomi, meneropong langit, dan mengarungi alam semesta. Tujuan utama dari program ini adalah turut mendukung perkembangan dunia pendidikan melalui ilmu astronomi, sebuah cabang sains yang kurang banyak dikenal di bangku sekolah, bahkan perguruan tinggi Indonesia.
Dunia pendidikan Indonesia telah banyak melahirkan ilmuwan dari berbagai bidang pangan, mikrobiologi, obat-obatan, kesehatan, kimia, dsb. Namun belum banyak melahirkan ilmuwan antariksa. Maka tak heran bila hingga saat ini belum ada satu pun putra Indonesia yang menjadi astronot kendati profesi ini menempati peringkat atas dalam catatan cita-cita saat kita masih kecil.
Apa sebabnya??
Coba kita telisik sedikit; Jika hampir semua sekolah di Indonesia memiliki mikroskop, sebaliknya hampir tak ada sekolah yang memiliki teleskop.
Bagaimana kita hendak mencetak astronom maupun astronot, jika fasilitas paling mendasar yakni teleskop masih menjadi barang asing di bangku sekolah??
Walaupun teleskop sudah ditemukan sejak 4 abad silam, tapi pernahkah anda melihatnya selain di televisi, koran, dan buku pelajaran alias pernahkah anda melihatnya secara langsung terlebih mengoperasikannya untuk melihat isi langit?
Coba kita jawab pertanyaan umum berikut :
🔹Pernahkan kamu melihat planet mars?
🔹Benarkah bumi itu bulat? 🌏
🔹Bagaimana gerhana matahari terjadi? 🌙
🔹Mengapa Bulan tidak jatuh ke bumi?
🔹Mengapa Bulan kadang sabit kadang purnama? 🌝🌛
🔹Bagaimana siang dan malam terjadi? 🌇
🔹Bisakah kita menentukan arah kiblat hanya dengan melihat bayangan matahari? ☀➡🕋
🔹Apa itu Blackhole?
🔹seberapa besarkah alam semesta ini?

Dalam Program Telescope Goes to School ini tim SAC akan datang ke sekolah atas undangan dari pihak sekolah. SAC berperan sebagai pemateri tamu pendamping guru dalam kegiatan belajar mengajar. Jadi, tim SAC akan berkolaborasi dengan guru mata pelajaran terkait.

Secara umum kegitan ini bisa dilakukan pada hari apapun dengan waktu pelaksanaan pagi, sore, atau malam,namun tetap menyesuaikan slot tanggal dan waktu yang tersedia bagi tim edukasi SAC. Saat ini kami siap mengisi undangan dari sekolah-sekolah yang berada di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, dan Mojokerto.

Kegiatan utama dari program ini meliputi 3 sesi yakni; materi , workshop, dan observasi langit (bila cuaca memungkinkan) yang secara keseluruhan berlangsung selama kurang lebih 3 jam.

Tim SAC hanya membawa teleskop dan soft file materi, untuk itu kami berharap pihak sekolah dapat menyediakan perlengkapan penunjang seperti PC/komputer, proyektor, pengeras suara, printed materi, dan beberapa perlengkapan penunjang lain termasuk untuk workshop yang nanti akan kami informasikan sebelum pelaksanaan kegiatan.

Sasaran utama program Telescope Goes to School ini adalah pelajar tingkat SD-SMP (atau sederajat), namun tidak menutup kemungkinan untuk jenjang tingkat pendidikan yg lain bila diperlukan.

Untuk efektifitas, idealnya jumlah peserta antara 25 hingga 40 siswa per kelas. Apabila lebih, maka akan kita bagi menjadi beberapa kelas dan mungkin dengan waktu pelaksanaan yang berbeda.

Perlu diketahui bahwa SAC adalah komunitas penghobi astronomi dengan anggota dari berbagai macam latar belakang pendidikan dan profesi yang umumnya justru tidak berkaitan dengan astronomi. Kami bukan/belum menjadi komunitas astronomi profesional.
Namun demikian kami cukup aktif dalam mengikuti perkembangan keastronomian secara global, kami juga sering mengadakan kegiatan publik, beberapa penghargaan telah kami raih, dan beberapa waktu yang lalu beberapa anggota kami juga berkesempatan untuk mengikuti pelatihan edukasi astronomi internasional yang digagas oleh badan astronomi internasional IAU (International Astronomical Union) dalam afiliasi bersama NASE (Network for Astronomy School Education).

Besar harapan kami bahwa kegitan ini bukanlah kegiatan yang datang kemudian pergi dan menghilang, kami berharap melalui program ini sekolah akan termotivasi untuk dapat mengembangkannya secara kontinyu serta akan terbangun sebuah gerakan baru dalam dunia pendidikan Indonesia terutama dalam bidang astronomi.

Kuota terbatas…
So, SEGERA daftarkan sekolah anda…

Pendaftaran & info lebih lanjut;
Email: surabayaastroclub@gmail.com
Phone/whatsapp: 0897-391-6648 (Cak Thoyib)
Sekretariat :
Tambak Pring Barat Gang Masjid No. 8, Asemrowo, Surabaya 60182.

MINU ngingas waru

SD SMP YPPI

smp alkahfi

rumah zakat. (pic by mbak mumun )

TK IT insan kamil sidoarjo

TKIT insan kamil gmt

SD MUDA

Hammam N

Hammam N

Ketua Surabaya Astronomy Club

More Posts

Follow Me:
Facebook