Persami Star Party Astronomi

Para peserta Persami

Belum genap musim hujan berlalu, SAC tak kunjung surut mengadakan event-event yang terkait observasi, yang tentu menuntut cuaca yang cerah supaya menunjang observasi. Namun di musim yang masih ‘basah’ ini kami dari SAC tak pernah ragu untuk tetap mengadakan observasi. Salah satunya, baru-baru ini SAC telah mengadakan event bertajuk PERSAMI dan Star Party Astronomi yang dihelat di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kawasan Hutan Kota Sidorejo, Kel. Pakal, Surabaya. Event ini merupakan event uji coba terkait rencana pengadaan Jambore Astronomi yang rencananya akan diadakan pada 2015 nanti. Dalam event ini, ikut pula kawan-kawan dari ITS Astronomy Club (IAC), Komunitas Pecinta Alam Arek Suroboyo (KOMPAAS), Sahabat Giriwana, dan tak lupa Kelompok Karang Taruna Sidorejo, Pakal yang turut meramaikan acara Persami ini.

Pada awalnya event ini bertujuan untuk mengobservasi beberapa planet yang memang sedang dalam posisi yang sangat bagus jika diamati dari Bumi, seperti halnya planet Mars yang sedang berada pada titik oposisi dengan Bumi, tak lupa untuk pengenalan astrofotografi, juga pendekatan astronomi ke kelompok pecinta alam. Namun apa mau dikata, cuaca pada sabtu sore 12 April 2014 sudah memburuk, langit sekitar Pakal mulai tertututp awan hitam, tak lama hujan pun mengguyur arena pengamatan. Para peserta yang telah stand by pun berteduh di Warung Nganjuk, Pakal sambil menunggu peserta yang lain berdatangan.

Para punggawa SAC di dalam barak

Tepat pukul 22.00 hujan sudah mulai reda, para peserta pun tak sabar untuk segera merapat ke arena observasi, dikawal sinar rembulan yang sedikit demi sedikit menembus awan-awan gelap Hutan Kota, kami pun bersiap mendirikan bivak, tenda dan tak lupa merakit teleskop-teleskop yang sebelumnya telah kami siapkan.

Karena mendung tak kunjung pergi, langit-langit masih didominasi awan kelam, kami pun berinisiatif untuk mengadakan pelatihan operasional teleskop. Ditemani bercangkir-cangkir kopi, aneka snack, api unggun dan jagung bakar para peserta pun antusias untuk mengoperasionalkan 3 teleskop yang disiapkan SAC.

Paginya, langit sesaat menunjukkan keindahannya, sunrise dari Hutan Kota terlihat sangat menawan, Altair terlihat hamper di zenith Hutan Kota, agak ke timur ada Sang Bintang Kejora, Venus dengan kemilaunya yang menawan, sontak kawan-kawan peserta persami yang didominasi kawan-kawan Pecinta Alam itu segera membidik venus yang kuasa mengawal mentari pagi itu. Namun saying, tak lama kemudian mendung kembali menghambat dan mengganggu pengamatan, cuaca Hutan Kota spontan berubah dari awalnya cerah menjadi kembali mendung.

Pelatihan operasional teleskop

Setelah dirasa tak mungkin lagi teramati, kami pun bersiap untuk pulang, tenda dan bivak kami rapikan, sampah-sampah kami bersihkan dan perjalanan dilanjut kembali ke Warung Nganjuk untuk sarapan bersama. Setelah sarapan, banyak perbincangan terkait rencana SAC ke depan hingga tak terasa waktu menunjukkan pukul 09.00 WIB, kami pun memutuskan untuk menutup acara Persami dan Star Party Astronomi, meskipun cuaca banyak mengintervensi, namun itu tak membuat sedikit pun semangat para punggawa laskar teropong surut untuk terus mengadakan observasi.

Muchammad Thoyib As

Muchammad Thoyib As

Anggota Dewan Pembina Surabaya Astronomy Club; Ketua Jambore Nasional Klub Astronomi (JANAKA) 2017

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusFlickrYouTube