Laporan Event Cak Mat Edisi Meteor Shower : Perseids dan mini seremonial kemerdekaan Indonesia (17 Agustus 2013)

Tanggal/Jam : jumat 16 agustus 2013/ 22.00 – sabtu 17 agustus 2013/ 03.20
Tempat : Kenpark
Peserta : 14 org cak dan ning
Piranti Pendukung:
1. 1 buah teleskop
2. 1 buah laptop
3. bbrp hp android
4. 1 digital camera
Sekilas tentang Meteor Shower Perseids:
Perseids adalah salah satu hujan meteor terbaik untuk diamati, memproduksi hingga 60 meteor per jam pada puncaknya. Hal ini dihasilkan oleh komet Swift-Tuttle, yang ditemukan pada 1862. Perseids dikenal karena seringkali memproduksi sebagian besar meteor terang.
Hujan meteor ini terjadi setiap tahun dari 17 Juli-24 Agustus. Puncak tahun ini pada malam 12 Agustus hingga pagi 13 Agustus. Kuartal pertama bulan akan memberi kemudahan untuk pengamatan. Tampilan terbaik akan berasal dari lokasi yang gelap setelah tengah malam. Meteor akan memancar dari konstelasi Perseus, tetapi tidak menutup kemungkinan muncul di bagian langit yang lain.
Mini Seremonial
untuk memperingati detik detik menuju tanggal 17 agustus 2013 yg merupakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.
kegiatan:
1. mini seremonial kemerdekaan Indonesia
Stlh jam 00.00 cak ning kumpul smua, di rakitlah teleskop milik ning dilla, yg walau lg skt berkenan meminjamkan tele nya yg baru pertama kali di perkenalkan ke cak ning di Kenpark, yg berkenan merakit adalah cak dimas, dibantu cak rony dan cak ning lainnya.jam 00.30 event mini seremonial kemerdekaan Indonesia akhirnya dimulai dgn *pemasangan* bendera sang saka Merah Putih di *tiang bendera* darurat dan pny nama, namanya adalah cak dimas dan cak zuhrie, dilanjutkan menyanyi lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh cak ning SAC yg hadir dgn posisi berbaris di depan bendera dgn sikap badan yg tegak dan tangan kanan memberi hormat pada bendera. lgs dilanjutkan dgn mengheningkan cipta dan berdoa, diakhiri dgn ber foto
2. Event berlanjut dgn *berkenalan* dgn sang tele, yg cm satu2nya di event perseids, dan cak ning mulai menggelar *karpet*
3. Lalu satu demi satu cak ning mulai berteriak, saat berhasil melihat ujan meteor Perseids yg pagi itu berhasil melihat 8 buah meteor Perseids, jg bbrp bintang dan rasi jupiter, sementara cak dimas trs berusaha *menangkap* galaxy andromeda dan blm beruntung, tp cak dimas malah beruntung *menangkap* galaxy andromeda keesokan harinya 18 agustus 2013 di dpn rmh cak dimas, dan malah berhasil *menangkap* orion, nebula, galaxy, fireball.
ayo cak ning, semangat….semangat….spy bisa *menangkap* orion, nebula, galaxy, fireball, dst. kita smua emg msh sama2 belajar ya, stlh menanti bbrp saat dan spt biasa nya becanda dan berfoto2 biasa dan narsis, makasih untuk cak ning dan para pengantar yg berhasil mengabadikan tingkah polah cak ning yg serius ataupun yg santai, akhir nya ga terasa jam udh menunjukkan 03.20, maka cak ning undur diri, sampai jumpa di event berikutnya.
Laporan oleh: Koordinator Event ning Niza.
Muchammad Thoyib As

Muchammad Thoyib As

Anggota Dewan Pembina Surabaya Astronomy Club; Ketua Jambore Nasional Klub Astronomi (JANAKA) 2017

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusFlickrYouTube