Kemeriahan Astronomy Tour in Madura Island 2014

Sesuai dengan jadwal yang telah di agendakan oleh Bangkalan Astronomy Club (BAC), kegiatan Astronomy Tour in Madura Island dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2014, dengan kota pertama di Kabupaten Bangkalan. Dan secara estafet setiap minggu, akan bergeser ke kabupaten lain di Pulau Madura. Tujuan direlaisasikan kegiatan ini adalah untuk memasyarakatkan Ilmu Astronomi, mengenalkan dunia Astronomi sebagai Ilmu yang sangat penting bagi perkembangan saintek kepada masyarakat maupun pelajar, dan serta untuk melahirkan Astronom-Astronom baru dari Indonesia.

Kegiatan ini telah berjalan di dua kabupaten dalam dua pekan terakhir. Pertama di Kabupaten Bangkalan pada tanggal 13 Desember 2014, dan yang kedua di Kabupaten Pamekasan pada tanggal 19 Desember 2014. Berikut kemeriahan dari Astronomy Tour di dua kabupaten tersebut :

Kabupaten Bangkalan
Saat di Kabupaten Bangkalan, lokasi yang menjadi pendaratan kegiatan adalah di SMAN 1 Bangkalan dan Stadion Gelora Bangkalan. Kegiatan dimulai pada pukul 16.00 WIB di lokasi pertama, yaitu SMAN 1 Bangkalan. Setelah acara dibuka langsung oleh Dewan Koordinator BAC, acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada pihak SMAN 1 Bangkalan selaku tuan rumah. Dan setelah acara pembukaan ditutup, acara selanjutnya adalah Talk Show Astronomy, yang dipimpin langsung oleh Cak Sulachsono atau biasa disapa Cak Son, perwakilan dari Surabaya Astronomy Club (SAC). Peserta Talk Show dihadiri oleh 40 pelajar SMAN 1 Bangkalan. Peserta sangat antusias terhadap pemaparan dari Cak Son. Acara Talk Show berakhir pukul 17.30 WIB, dan dilanjutkan dengan ISHOMA. Tepat pukul 18.00 WIB, acara dilanjutkan dengan pengoperasian teleskop, pameran astrofotografi, serta pengamatan objek langit. Kegiatan di lokasi pertama berakhir pada pukul 19.00 WIB.

Saat di Bangkalan

Kemudian tepat pada pukul 19.30 WIB, acara bergeser di lokasi ke-2, yaitu di Stadion Gelora Bangkalan. Saat di lokasi ke-2 yang merupakan arena bermain masyarakat Bangkalan, animo masyarakat Bangkalan sangat tinggi. Masyarakat dengan rasa penasarannya mencoba untuk mengamati objek langit menggunakan tele-tele yang kami gelar di lokasi. Tidak hanya mengamati objek langit, pengunjung juga bertanya seputar Astronomi, termasuk tentang fenomena langit yang sering terjadi. Adapun objek yang diamati adalah bintang Sirius, Rasi Orion, Nebula orion, dan objek lainnya. Karena kebetulan, langit Bangkalan bebas polusi dan bebas mendung, sehingga objek langit terlihat sangat jelas dan berkilauan. Acara di lokasi Stadion Gelora Bangkalan berakhir pukul 22.00 WIB.

Tidak hanya berakhir di Stadion Bangkalan, kegiatan dilanjutkan dengan pengamatan Hujan Meteor (Humet) di Lapangan Pangeranan Asri, Bangkalan. Kebrtulan, pada tanggal 14 Desember merupakan puncak dari hujan meteor Geminids. Pengamatan hujan meteor dimulai sejak pukul 23.30 hingga 01.30 WIB. Tercatat berdasarkan pengataman, meteor yang melintas di langit Bangkalan adalah sebanyak 107 Geminids dengan dua diantaranya merupakan fire ball. Intensitas humet adalah 50/jam. Pengataman diakhir pukul 02.00 WIB dikarenakan bulan yang mulai meninggi, sehingga humet secara berangsur tak terlihat melintas.

Kabupaten Pamekasan
Rombongan dari Tretan BAC tiba di kabupaten Pamekasan pada pukul 13.00 WIB di SMAN 3 Pamekasan. Saat di Kabupaten Pamekasan, lokasi yang menjadi pendaratan kegiatan adalah di SMAN 3 Pamekasan dan Pusat Bermain Arek Lancor Paemekasan. Kegiatan dimulai pada pukul 16.00 WIB di lokasi pertama, yaitu SMAN 3 Pamekasan. Setelah acara dibuka langsung oleh Imam Haydar selaku Dewan Koordinator BAC, acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada pihak SMAN 3 Pamekasan selaku tuan rumah. Acara selanjutnya adalah Talk Show Astronomy, yang dipimpin langsung oleh Cak Dimas, perwakilan dari Surabaya Astronomy Club (SAC). Peserta Talk Show dihadiri oleh berbagai pelajar dari SMA/sedejat di Pamekasn. Diantaranya adalah SMAN 3 Pamekasan, SMAN 1 Pamekasan, SMAN 2 Pamekasan, MAN Pamekasan, SMAN 1 Waru, dan lain-lain. Peserta sangat antusias terhadap pemaparan dari Cak Dimas, terbukti dari banyaknya peserta yang bertanya seputar Astronomy. Acara Talk Show berakhir pukul 17.30 WIB, dan dilanjutkan dengan ISHOMA. Tepat pukul 18.00 WIB, acara dilanjutkan dengan pengoperasian teleskop, pameran astrofotografi, serta pengamatan objek langit. Kegiatan di lokasi pertama berakhir pada pukul 19.00 WIB.

Saat di SMAN 3 Pamekasan

Kemudian tepat pada pukul 19.30 WIB, acara bergeser di lokasi ke-2, yaitu di Arek Lancor Pamekasan. Saat di lokasi ke-2 yang merupakan arena bermain masyarakat Pamekasan, animo masyarakat sangat tinggi. Peserta juga dihadiri oleh peserta Talk Shoe saat di SMAN 3 Pamekasan. Tidak hanya mengamati objek langit, pengunjung juga bertanya seputar Astronomi, termasuk tentang fenomena langit yang sering terjadi. Bentuk kegiatan saat di Arek Lancor adalah berupa pameran astrofotogtafi, dan Pengamatan objek langit. Acara di lokasi Arek Lancor Pamekasan berakhir pukul 22.00 WIB. Dan tretan Astronom BAC bertolak ke Bangkalan pada pukul 23.00 WIB.

Kemerihan dari kegiatan tersebut di dua kabupaten, dihadiri oleh teman-teman dari Surabaya Astronomy Club, ITS Astronomy Club, serta komunitas Astronomi dari SMAN 9 Surabaya. Kemeriahan Astronomy Tour in Madura Island ini akan berlanjut di Kabupaten Sumenep serta di Kabupaten Sampang, pada minggu-minggu berikutnya. Bersiaplah untu tretan Astro menunggu dan menjadi saksi dan kemeriahan tersebut. Salam Asronomi !