Kehujanan Meteor Perseid

Semalam arek-arek Surabaya Astronomy Club begadang di Anjungan Kenpark, tempat favorit SAC untuk observasi langit. Anjungan setinggi kurang dari 2 meter dari permukaan air laut ini, membentang sekitar 40 meter ke timur menyajikan horizon sejauh 5.05 km.

Hadir 21 anggota dengan 2 tamu istimewa Mr. Jef beserta istri, bule asli Manchester yang humoris dan sedang ngidam eh! ingin ikut event SAC.

Kami masuk Anjungan sekitar pukul 23.30 WIB. Maklum kami harus mencharge semangat nasionalisme kami terlebih dahulu dengan nonton pertandingan final piala AFF U16 di warung setempat.

Sesampainya di ujung anjungan, kami duduk santai dengan pemandangan perahu-perahu nelayan yang tertambat sambil menikmati angin laut yang malam itu bertiup lumayan kencang dengan kecepatan maksimal 15 km/jam dan kelembaban 68% berdasar informasi timeanddate weather.

Sesekali mendung tipis menghalangi pandangan. Meski begitu secara keseluruhan langit relatif cerah sehingga sangat mendukung kegiatan kami berlomba menghitung meteor yang terlihat. Satu per satu anggota mengaku melihat meteor. Tak sedikit yang melihatnya secara bersamaan.

Hingga tembang Syair Tanpo Waton sayup-sayup terdengar dari masjid di kejauhan menjelang shubuh, kami telah mendapati 28 kali penampakan meteor yang sah dan bukan imajinasi apalagi ilusi 😊. Lumayan lah untuk lokasi pengamatan dengan kualitas langit berdasar SQM 19.44 mag./arc sec2

Oh iya bagi penikmat langit malam, puncak hujan meteor perseid sebenarnya adalah malam ini, 13 Agustus 2018. Monggo barangkali mau ngamat bisa langsung mengarahkan pandangan ke rasi perseus yang terbit tengah malam nanti di arah timur. Semoga nggak karipan!

Demikian laporan ini dibuat dalam kondisi setengah sadar karena baru separuh hutang tidur terbayar hehe

Saiful Arifin

Saya gus Ipul eh! cak Ipul dari Surabaya Timur. Suka becanda tapi serius kalo diajak mikir sampe kepala miring-miring hehe

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle PlusYouTube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *