InOMN 2015 di Surabaya

SaveTheDate_0022Tahun ini merupakan tahun ke-4 Surabaya Astronomy Club (SAC) menjadi host event International Observe the Moon Night. Tahun ini perayaan InOMN ada yang sedikit berbeda dari perayaan InOMN tahun-tahun sebelumnya, karena SAC diundang untuk menghadiri sekaligus meresmikan pembentukan club astronomi baru di SMP IT Al-Kahfi Sidoarjo. Jadi otomatis ada dua perayaan InOMN 2015 yang dikoordinir oleh SAC, di Surabaya yang digelar di Taman Apsari, dan di Sidoarjo yang digelar di SMP IT Al-Kahfi.IMG-20150919-WA0012

Di Taman Apsari sendiri event dimulai sekitar pukul 18.00 WIB. Ada 2 teleskop yang langsung diarahkan ke bulan sebagai primadona malam itu, bulan yang masih dalam fase awal menambah kekaguman para pengunjung taman apsari yang silih berganti mengintip keelokannya lewat eyepiece teleskop.

IMG_0875 (FILEminimizer)Tak berselang lama, satu per satu anggota SAC yang lain berdatangan dan otomatis piranti pengamatan pun bertambah, menambah hiruk pikuk keceriaan para pengunjung taman apsari yang penasaran akan wajah bulan dari dekat. Disela-sela pengamatan, tak sedikit pengunjung taman yang melontarkan pertanyaan terkait bulan dan tata surya, diskusi kecil sembari observasi pun kian menambah rasa ingin tahu masyarakat, 4 teleskop yang dihadirkan SAC pun seakan hilang tertutup gerombolan masyarakat yang penuh rasa ingin tahu.

IMG_0869 (FILEminimizer)Dalam InOMN 2015 di Taman Apsari juga sekaligus diadakan penggalangan donasi untuk membantu saudara kita di Sumatera yang tertimpa musibah asap. Penggalangan donasi dilakukan di sekitar taman apsari sejak acara dimulai hingga selesai. Donasi yang terkumpul mencapai Rp. 450.000 dan segera dikalkulasi bersama donasi yang telah dikumpulkan sebelumnya. Donasi ini selanjutnya akan diserahkan kepada koordinator aksi dari Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jambi dan akan dirupakan menjadi masker dan kebut1442473422200uhan lain untuk meringankan beban para korban musibah asap di Jambi dan sekitarnya.

Perayaan InOMN 2015 ini juga sekaligus sebagai ajang perayaan hari jadi SAC yang ke-9 tahun. Tak terasa 9 tahun sudah SAC mewarnai geliat astronomi khususnya astronomi amatir di Indonesia bahkan di kancah Internasional. Di sela-sela observasi, para pengurus SAC mengajak para anggotanya untuk berkumpul dan berdoa sejenak, dilanjutkan dengan tiup lilin bersama. Seremonial tersebut berlangsung khidmat dan penuh rasa kekeluargaan, setelah itu kegiatan observasi pun dilanjutkan.

IMG_0905 (FILEminimizer)Rangkaian kegiatan yang padat seakan tak terasa ketika beberapa anggota SAC memainkan musik-musik akustik di tengah observasi, menambah kesan syahdu malam perayaan InOMN 2015 di Taman Apsari. Kegiatan baru berakhir sekitar pukul 22.30 WIB, menyisakan kesan mendalam bagi semua anggota yang datang, dari mulai rangkaian acara yang cukup padat hingga harapan-harapan akan SAC ke depannya. Semoga SAC bisa menjembatani keingintahuan masyarakat di bidang astronomi dan menjadi salah satu pionir pengembangan astronomi amatir di Indonesia.

Salam Laskar Teropong !

Muchammad Thoyib As

Muchammad Thoyib As

Secretary, Filmmaker, Cinematography Instructor, Amateur Astronomer, Traveler, Poet, Jurist, Agrotechnologist

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusFlickrYouTube