GERHANA MATAHARI MARET 2016 DI SUDUT PANDANG SURABAYA

ilustrasi (dramatisir) gerhana matahari di langit surabaya 9 maret 2016
Gerhana Matahari total akan menyambangi Indonesia pada 9 maret 2016 ini, sebuah fenomena langit yang sungguh istimewa karena seluruh wilayah Indonesia akan dapat menyaksikannya dikala jalur lintasan gerhana matahari ini ‘membelah’ wilayah Indonesia bagian utara dan selatan. Kendati tidak semua wilayah dapat menyaksikan totalitas obskurasi gerhana,namun wilayah wilayah lain masih akan dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian diatas 60%. Gerhana matahari total akan melintasi kota-kota besar di Indonesia dari Palembang, Tanjung Pandang,Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Ternate, dan Maba. Bagaimana dengan Surabaya?
Surabaya masih akan dapat menikmati gerhana matahari ini sebagian. Walaupun sebagian,namun sebagian disini bukan sebagian kecil melainkan sebagian yang besar yakni pada puncaknya piringan matahari akan terlihat tertutup oleh piringan bulan sebesar 82% dari Surabaya.
Gerhana matahari adalah sebuah fenomena langit dimana piringan matahari akan menghilang seutuhnya atau sebagian karena terhalang oleh Bulan. Atau dengan kata lain Bulan berada diantara Bumi dan Matahari. Peristiwa yang dalam astronomi dikenal dengan konjungsi ini semestinya bisa terjadi 12-13 kali dalam setahun karena Bulan mengitari Bumi relatif terhadap matahari (priode sinodis) sekitar 29,5 hari sekali, dan Bumi mengitari Matahari dalam 365 hari sekali. Namun kenapa gerhana matahari tidak terjadi setiap bulan? Ini dikarenakan lintasan Bulan dalam mengitari Bumi tidak datar segaris melainkan miring 5,1˚. Kemiringan ini berdampak pada kombinasi konjungsi Bulan-Matahari yang tidak selalu segaris dilihat dari segala penjuru (syzygy). Gerhana Matahari juga bisa terjadi 2 sampai 5 kali dalam setahun, namun mengapa tidak setiap tahun kita bisa melihat gerhana matahari?, ini dikarenakan Bumi terus berputar dan hanya sebagian ‘kecil’ wilayah Bumi saja yang sinar mataharinya tertutup oleh ‘bayang hitam’ Bulan.

timeline gerhana matahari dari surabaya
timeline simulasi gerhana matahari sebagian dilihat dari kota Surabaya. kredit; aplikasi stellarium,proses aplikasi gif maker

Di Surabaya,prosesi Gerhana matahari 9 Maret 2016 berlangsung cukup lama yakni sekitar 2 jam 19 menit. Gerhana matahari akan mulai menginjak Surabaya pada pukul 06.22 wib dengan ketinggian matahari pagi hanya 11˚ atau hanya sekitar sekepalan tangan yang dilencangkan kedepan di ufuk timur (azimuth 93˚). Untuk itu dibutuhkan sudut pandang arah timur yang relatif rendah dari gangguan bangunan maupun pepohonan. Gerhana matahari dari langit Surabaya akan mencapai puncaknya pada pukul 07.30 wib dengan ketinggian matahari sudah mencapai 28˚ dengan totalitas gerhana sebesar 82% piringan matahari tertutup oleh Bulan, kemudian Bulan berangsur menyibak pergi dari Matahari hingga kontak terakhir pada pukul 08.41 wib pada ketinggian 45˚.
Masih dari sudut pandang kota Surabaya dan sekitarnya,jika kita melewatkan peristiwa alam yang eksotis kali ini, maka kita harus rela menahan rindu yang panjang karena gerhana matahari berikutnya masih harus menunggu waktu 3 tahun lagi tepatnya di tanggal 26 desember 2019 dengan totalitas yang lebih rendah yakni hanya 66%, namun jika ingin menyaksikan totalitas gerhana yang lebih besar,maka 12 tahun kita harus menunggu yakni hingga 22 juli 2028 dikala totalitas gerhana mencapai 91%.
TIPS mengamati Gerhana matahari,khususnya dari sudut pandang Surabaya.
• Bangunlah yang pagi karena gerhana matahari kali ini mulai berlangsung dikala matahari masih hangat atau masih cukup pagi.
• Carilah tempat yang tinggi, rumah tingkat, atau gedung tinggi.
• Carilah lokasi yang memiliki pemandangan arah timur yang relatif sepi dari bangunan yang lebih tinggi ataupun pepohonan yang rindang.
• Bawa tabir surya dari lotion sunblock hingga payung karena seluruh proses gerhana matahari ini berlangsung cukup lama.
• Gunakan pula peralatan-peralatan yang aman untuk mengamati gerhana matahari karena mata kita tidak sanggup untuk menahan intensitas sinar matahari yang sangat besar secara langsung. Kita bisa menggunakan kacamata khusus matahari (bukan sun glass/kacamata hitam) yang mengandung filter pekat untuk menyaring sinar matahari.
• Manfaatkan momen langka ini untuk berkumpul menyaksikan bersama-sama keluarga,tetangga, teman, dan sahabat.
• Gabung dengan komunitas-komunitas astronomi. Surabaya Astronomy Club juga akan menyelenggarakan pengamatan bersama masyarakat di kenpark-Surabaya dan di observatorium matahari Balai pengamatan antariksa dan atmosfer LAPAN Watukosek-Pasuruan dengan menyediakan berbagai peralatan yang aman untuk mengamati gerhana matahari. Mulai dari teleskop berfilter, kacamata matahari, proyeksi binokuler,proyeksi lubang jarum,dsb. (informasi lebih lanjut simak terus perkembangannya di grup facebook “ Surabaya Astronomy Club” )
• Bagi umat muslim juga ada kesunnahan untuk melaksanakan sholat gerhana, *keterangan lebih lanjut hubungi ustad terdekat.

solar glass
kacamata filter khusus matahari untuk melihat matahari secara aman. kredit; ncra.tifr.res.in

WARNING..!!!
JANGAN PERNAH MENATAP MATAHARI /GERHANA MATAHARI SECARA LANGSUNG DENGAN MATA TELANJANG KARENA DAPAT MERUSAK MATA HINGGA KEBUTAAN PERMANEN.
Kita tentu tahu pelajaran di sekolah bahwa sebuah lensa lup dapat membakar kertas ketika dibiaskan cahaya matahari. Mata kita juga memiliki lensa, dan retina mata adalah sebagai kertasnya. So, nikmatilah fenomena alam ini dengan cara yang aman.

Hammam N

Hammam N

Ketua Surabaya Astronomy Club

More Posts

Follow Me:
Facebook