Fakta Tentang Black Hole (Lubang Hitam)

Lubang hitam adalah tempat di mana gravitasi telah menjadi sangat ekstrim. Setelah masuk, tidak ada yang bisa melarikan diri gravitasi lubang hitam – bahkan cahaya. Berikut akan saya ulas tentang berbagai informasi tentang Black Hole

==Apa itu Black Hole?==
Adalah sebuah obyek yang sangat padat (dengan kata lain, memiliki massa yang besar dalam volume yang cukup kecil) yang dengan gaya gravitasinya cukup kuat untuk mencegah cahaya atau apa pun dari melarikan diri.
Teori tentang Black Hole dilontarkan pertama kali oleh John Michell dan Pierre-Simon Laplace pada abad ke 18. Nama ” lubang hitam ” diperkenalkan oleh John Archibald Wheeler pada tahun 1967 . Nama ini menjadi istilah umum untuk semua jenis jurang maut misterius . Fisikawan dan matematikawan telah menemukan bahwa ruang dan waktu dekat lubang hitam memiliki banyak sifat yang tidak biasa . Karena itu , lubang hitam telah menjadi topik favorit bagi penulis fiksi ilmiah . Namun, lubang hitam bukanlah fiksi. Kita tidak dapat melihat lubang hitam , tetapi kita bisa mendeteksi materi jatuh ke lubang hitam dan karena tertarik oleh lubang hitam . Dengan cara ini , para astronom telah mengidentifikasi dan mengukur massa dari banyak lubang hitam di alam semesta melalui pengamatan yang cermat. Kita sekarang tahu bahwa alam semesta kita memang benar-benar diisi dengan miliaran lubang hitam .
Ilustrasi Black Hole

 ilustrasi Black Hole

==Apakah Black Hole mengabaikan hukum gravitasi?==
Sebenarnya Black Hole mematuhi semua hukum fisika, termasuk gravitasi.
Pada tahun 1687, Isaac Newton menunjukkan bahwa semua benda di alam semesta terhubung melalui gravitasi. Namun di bumi, jika dibandingkan energi listrik, magnet, ataupun tekanan terkesan energi gravitasi adalah yang terlemah. Namun tidak seperti itu kondisi di Black Hole..
Penemuan Newton ini telah disempurnakan oleh Einstein. Beliau berkata melalui teori relativitasnya bahwa benda yang massive memiliki mampu mendistorsi ruang dan waktu secara kontinyu, nah distorsi inilah yang kita rasakan sebagai gravitasi. Jadi dengan teori inilah bisa menjadi penjelasan mengapa gravitasi Black Hole sangat besar, sampai mampu menyedot cahaya.
Teori dari NASA

 Teori yang dikembangkan oleh NASA

==Seberapa besarkah Black Hole?==
Besarnya lubang hitam bisa kita bayangkan dengan sebuah bola yang memiliki 2 garis horizon, ketika sudah masuk ke dalam daerah event horizon, maka sudah tidak bisa kembali. Ukuran event horizon (disebut jari-jari Schwarzschild) bisa sebesar 6 mil, kalau dibuat perbandingan, ukuran jari2 Scwarzschild bumi adalah 5mm, maksudnya disini adalah seberapa besarkah kita harus memampatkan bumi agar bisa menjadi lubang hitam. Black Hole tidak harus besar, tapi yang pasti adalah sangat padat.
Truktur Black Hole

struktur Black Hole

==Apa saja tipe Black Hole?==
Sebenarnya semua Black Hole identik, yang membedakan adalah massanya, putaran terhadap sumbunya, dan muatan listriknya. Yang mengagumkan dari Black Hole adalah ketika si doi menelan sebuah benda (benda apapun itu) maka karakteristik benda tersebut akan terhapus.
Adapun tipe Black Hole dimana semakin besar galaksi Black Hole itu berada, maka semakin besar dan massive pula Black Holenya.
Perbandingan antar Black Hole

perbandingan antar Black Hole

==Apa yang terjadi bila Black Hole salng bertabrakan?==
Sangat memungkinkan sekali terjadi tabrakan antar Black Hole, begitu mereka saling mendekat dan tidak ada yang bisa lepas dari gravitasi satu sama lain, maka mereka akan bergabung menjadi satu Black Hole. Perpaduan ini akan menghasilkan energi yang luar biasa besar, dan dapat menimbulkan riak pada ruang dan waktu, yang disebut gelombang gravitasi.
2 Black Hole yang berhimpitan di galaksi NGC 6240

2 black hole yang berhimpitan di galaksi NGC 6240

Riak pada ruang dan waktu (gelombang grafitasi)

riak pada ruang dan waktu (gelombang gravitasi)

==Apakah yang ada di dalam Black Hole?==
Sampai saat ini belum ada yang tahu apa yang ada di dalam Black Hole, karena semua materi, bahkan cahaya, tidak ada yang bisa kembali dari dalam Black Hole.
Spekulasi sampai saat ini adalah adanya White Hole, yang mengeluarkan isi Black Hole melewati lubang cacing. Namun belum ada pengetahuan paten tentang ini, karena belum ada manusia yang tahu bagaiman sistem kerja Black Hole di dalam event horizon
Teori tentang lubang cacing

spekulasi tentang lubang cacing

==Apakah “waktu”di luar dan di dalam Black Hole sama?==
Menurut terori Einstein, benda masif menciptakan distorsi dalam ruang dan waktu. Dekat lubang hitam, distorsi menjadi begitu kuat sehingga waktu berperilaku dengan cara yang tak terduga.
Sederhananya, jika kita melempar jam ke dalam Black Hole, maka semakin dekat dengan Black Hole jam tersebut akan semakin melambat dan akhirnya berhenti berdetak. Namun berbeda jika kita yang masuk dengan jam, maka tidak akan ada perubahan pada jam tersebut. Hal inilah yang dimaksud teori relativitas, pandangan orang yang bergerak menuju Black Hole dan orang yang diam di luar Black Hole akan berbeda.

semakin dekat dengan Black Hole, jam akan semakin melambat

==Apakah Black Hole abadi?==
Karena tidak ada yang bisa melepaskan diri dari Black Hole, maka Black Hole tidak bisa di hancurkan, itu benar. Namun ternyata Black Hole bisa mati gan, dengan berjalannya waktu maka lama kelamaan Black Hole akan menguap kembali menjadi energi semula dan kembali ke alam semesta..
Teori ini dikemukakan oleh fisikawan terkenal Stephen Hawking pada tahun 1974 dengan menggunakan hukum mekanika kuantum.
Stephen Hawking

Stephen Hawking

==Bagaimanakah Black Hole lahir?==
Sebuah Black Hole akan muncul ketika suatu objek tidak bisa menahan kompresi dari gravitasinya sendiri. Untuk bumi dan matahari tidak mungkin menjadi Black Hole, karena gravitasi mereka tidak cukup besar untuk mengalahkan kekuatan atom dan nuklir interior mereka sendiri, sehingga kompresi pun terhalangi. Namun pada objek yang lebih besar dimana gravitasinya juga sangat besar, maka gravitasi akan menang dan terjadilah kompresi pada objek yang bersangkutan, lalu muncullah Black Hole..
Prosesnya terjadi ketika bintang supermasif (ratusan kali lebih berat daripada Matahari) meledak, maka terjadilah supernova, karena pelepasan energi yang sangat besar inilah terjadi pemampatan objek yang diakibatkan oleh gravitasi objek tersebut.
supernova yang terjadi di daerah Cassiopeae

supernova yang terjadi di daerah Cassiopeae

==Ada berapa banyak Black Hole di alam semesta?==
Seperti mencoba menghitung seberapa banyak pasir di seluruh penjuru dunia, karena Black Hole pun juga tak terhitung jumlahnya. Namun yang paling penting adalah tidak ada Black Hole yang cukup dekat sehingga membahayakan Bumi (sampai saat ini).
Logikanya, Black Hole terbentuk karena ledakan bintang supermasif, sementara di Bima Sakti saja terdapat kurang lebih 100 juta bintang supermasif, bisa disimpulkan berapa Black Hole yang ada. Itu masih di Bima Sakti, belum galaksi lain yang bahkan lebih besar dari Bima Sakti.
Dan sampai saat ini hanya ada selusin Black Hole yang terdeteksi dari bumi, dan yang terdekat berjarak 1600 tahun cahaya.
secuil bagian Bima Sakti di daerah Sagitarius

secuil bagian Bima Sakti di daerah Sagitarius

 ==Bagaiman Black Hole berkembang?==
Mekanika kuantum menyatakan bahwa materi pada skala terkecil sering berperilaku lebih seperti gelombang dari seperti partikel . Banyak dari Black Hole berkembang dalam massa dengan menangkap materi di dekatnya. Apa pun yang masuk ke event horizone tidak bisa lepas dari gravitasi lubang hitam. Meskipun reputasi mereka menakutkan, lubang hitam tidak akan benar-benar menyedot benda-benda dari jarak jauh. Sebuah lubang hitam hanya bisa menangkap objek yang datang jika sangat dekat dengan lubang hitam itu sendiri. Mereka lebih seperti Flytraps Venus. Sebagai contoh, bayangkan mengganti Matahari oleh sebuah lubang hitam massa yang sama . Kegelapan permanen akan jatuh di Bumi , tetapi planet akan terus berputar di sekitar lubang hitam pada jarak dan kecepatan yang sama seperti yang mereka lakukan sekarang . Tak satu pun dari planet-planet akan tersedot ke dalam lubang hitam . Bumi kita akan berada dalam bahaya hanya jika mendekat dalam radius 10 mil dari lubang hitam , jauh lebih sedikit daripada jarak sebenarnya Bumi dari Matahari. Lubang hitam juga dapat mengkonsumsi bahan sisa dari bintang-bintang di dekatnya. Bahkan, lubang hitam yang paling besar bisa menelan seluruh bintang . Lubang hitam juga dapat tumbuh dengan bertabrakan dan bergabung dengan lubang hitam lainnya . Proses pertumbuhan ini adalah apa yang dapat mengungkapkan adanya lubang hitam . Sebagai gas jatuh ke lubang hitam , dipanaskan sampai suhu tinggi , menghasilkan gelombang radio yang kuat dan sinar – X yang dapat dipelajari oleh para astronom .

Black Hole berkembang dengan menelan bintang dan partikel di sekitarnya

 ==Bagaiman para ilmuan bisa mendeteksi Black Hole?==
Lubang hitam tidak meradiasikan cahaya, dan sebuah objek yang terjatuh ke dalamnya tidak akan mampu lagi memancarkan cahayanya. Semua itu menjadikan upaya mendeteksi lubang hitam akan sangat menantang. Hanya ketika sebuah lubang hitam berada dalam wujudnya yang kembar dan efek gravitasi menyebabkan pasangannya itu menghasilkan gas, kita dapat mendeteksi sinar-X. Sinar yang berasal dari piringan-piringan di sekitar lubang hitam terlihat sangat mirip dengan sinar yang berasal dari piringan-piringan di sekitar bintang-bintang neutron. Jadi satu – satunya cara yang biasa dilakukan para ilmuwan dalam mendeteksi adanya black hole adalah menganalisis keluaran sinar x yang dihasilkan oleh partikel-partikelyang bergerak cepat di event horizon sebelum jatuh ke black hole atau mengamati sistem bintang ganda.


Spitzer Space Telescope, untuk menangkap sinar X dari Black Hole

enggar

enggar

More Posts

Follow Me:
Facebook