Event Langit Bulan Oktober

transit meridian. credit ss stellarium
Dinamika gerak benda angkasa menyajikan pertunjukan langit yang selalu berubah-ubah setiap waktu. setelah agustus lalu kita disambangi oleh fenomena Gerhana Bulan sebagian, september ada okultasi venus dengan Bulan, nah apa saja event menarik di bulan oktober ini?

1. Surabaya Tanpa Bayangan
pada tanggal 11-12 Oktober ini, Matahari akan melintas tepat diatas kota surabaya. peristiwa ini akan terjadi tepat pada jam 11.15 wib pada tanggal tersebut. dalam astronomi fenomena alam ini disebut Transit Meridian atau Kulminasi atas. peristiwa ini sama dengan peristiwa Rosydul Qibla beberapa saat lalu, hanya saja bila kala itu matahari tepat berada diatas Ka’bah,maka kali ini Matahari berada tepat diatas kota Surabaya. pada saat transit meridian ini,berkas sinar matahari akan tegak lurus dengan semua benda yang ada di kota Surabaya sehingga bayangan benda akan terhimpit sempurna alias tidak memiliki bayangan. Hal lain yang menarik, dari belahan Bumi manapun yang kala itu mengalami siang akan dapat mengetahui arah lokasi Surabaya dengan akurat hanya dengan melihat posisi matahari atau bayangan yang dihasilkannya. ini adalah peristiwa tahunan yang setiap tahun terjadi 2 kali, di surabaya selain tanggal 11-12 oktober,juga terjadi setiap tanggal 2 Maret pukul 11.41 wib
fenomena ini tidak akan berdampak buruk apapun untuk kota Surabaya. sedikit gangguan mungkin akan terjadi dengan layar televisi akibat dari satelit pemancar yang kebetulan segaris dengan kota Surabaya.gangguan ini tidak selalu terjadi,dan andaipun terjadi hanya berlangsung sejenak dan tidak akan merusak televisi anda. hanya seperti kala televisi yang sejenak tidak mendapatkan sinyal pemancar.

2. Hujan Meteor Orionids
Hujan Meteor Orionids adalah Hujan Meteor yang arah curah hujan meteornya dari rasi bintang Orion. Fenomena diperkirakan aktif sejak tanggal 2 oktober hingga 7 november dengan puncak derasnya diperkirakan akan terjadi pada tanggal 21 oktober dengan intensitas sekitar 25 meteor perjamnya.
Rasi bintang Orion sangat mudah dikenali denan ciri Rasi bintang menyerupai kupu-kupu atau dasi pita. Di jawa rasi bintang ini dikenal dengan rasi bajak sawah dengan ciri 3 bintang terang Alnitak, Alnilam, dan Mintaka yang berjajar berdekatan dengan dijaga 4 bintang terang disekelilingnya yakni bintang Betelgues, Regulus, Rigel, dan Saiph.
Hujan meteor juga tidak berbahaya, jadi anda tidak perlu menggunakan payung atau jas hujan meteor, dan tidak pula mengakibatkan genteng rumah bocor. Hehehe..

3. InOMN (International Observe the Moon Night)
inomn 2016 di halaman Balai kota Surabaya
InOMN adalah event tahunan internasional pengamatan terhadap Bulan secara serentak di seluruh dunia. Event ini selalu mengambil hari sabtu malam minggu sekitar bulan September- Oktober kala fase Bulan memasuki fase kuartil awal/ separuh awal. kegiatan ini sebagian dari kampanye pentingnya satelit alami satu-satunya bagi planet Bumi dan kehidupan yang ada didalamnya. tahun ini InOMN akan dilesenggarakan pada 28 Oktober 2017.

Mau mengikuti semua event langit di bulan Oktober ini bareng SAC..?
Ikuti terus updatenya di Facebook Surabaya Astronomy Club

Hammam N

Hammam N

Ketua Surabaya Astronomy Club

More Posts

Follow Me:
Facebook