Crux, si Layang Layang Malam

Crux by Cak Joshua SAC
Rasi bintang Crux yang dipotret oleh cak Joshua Anderson, Kadiv Observasi dan astrofotografi SAC.

Pernahkah anda melihat 4 bintang di angkasa yang bila dihubungkan sebuah garis pada masing masing titik seolah membentuk sebuah layang layang raksasa?
Yah, itulah rasi bintang Crux atau yang biasa kita dengar dengan nama rasi bintang layang layang. Orang Jawa menyebutnya rasi Gubuk Penceng.

Rasi Crux merupakan rasi bintang terkecil dari daftar 88 konstelasi modern, namun demikian Crux juga merupakan deretan rasi bintang utama yang mudah dikenali walau dalam keadaan langit yang kurang ideal untuk pengamatan.
Rasi bintang satu ini begitu populer bagi kita yang tinggal di Bumi belahan selatan, bahkan beberapa negara menjadikannya sebagai simbol pada bendera negeranya. diantaranya; Australia, Brazil, Selandia Baru, Samoa, serta negara tetangga kita Papua Nugini.

bendera
Beberapa negara yang menyantumkan rasi Crux sebagai simbol pada benderanya.

Rasi Crux ini terdiri dari 5 bintang terang yakni Acrux, Mimosa (Becrux), Gamma Crux(Gacrux), delta Crux, dan epsilon. Disandingnya juga terdapat gugus bintang kotak perhiasan (Jewel box open cluster) dan juga nebula Coalsack yang hitam legam. Keduanya mudah teramati dengan mata telanjang pada kondisi langit yang cerah dan bersih.

Langit Utara punya bintang Polaris sebagai penanda kutub langit Utara, lantas apakah langit Selatan juga memiliki bintang kutub?

Dengan memperhatikan pergerakan rasi bintang Crux dalam semalam saja kita juga dapat membuktikan bagaimana bahwa langit selatan pun punya pola melingkar star trail yang berujung simpul pada satu titik sebagai south pole/kutub langit selatan.

adalah bintang Octantis, bintang yang paling dekat dengan kutub langit selatan, namun bintang ini sangat redup sehingga sulit dikenali. Salah satu cara sederhana untuk mencari lokasi kutub langit selatan adalah dengan menarik garis lurus dari bintang Gacrux ke Acrux sepanjang sekitar 4½ kali jarak sudut kedua bintang tersebut, disitulah titik yang mendekati titik kutub langit selatan.

Crux sac
AYO OBSERVASI…!

Hammam N

Surabaya Astronomy Club

More Posts

Follow Me:
FacebookYouTube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *