Astronix SMAN 9 Surabaya

 

Astronix (Astronomi Smanix) SMAN 9 Surabaya adalah klub sekaligus ekstrakurikuler Astronomi pertama yang ada di sekolah di Surabaya, Jawa Timur.

Asal mula berdirinya Astronix atas inisiatif M. Bashroni Shidqon, dan Alhamdulillah berhasil didirikan pada hari Kamis, 27 Maret 2014 oleh 4 orang, yaitu M. Bashroni Shidqon (XI IA-5), Kusumawati Cahya Wiguna (XI IA-5), Guido Gilbert (X IA-2), dan Regina Wardhani (X IS-1).

Kusuma – Roni

Regina – Guido

Setelah 2 hari berdiri, Astronix akhirnya mempunyai 17 anggota periode pertama.

Event yang pertama kali dihadiri oleh Astronix adalah Earth Hour tahun 2014 bersama-sama dengan Surabaya Astronomy Club di Grand City, Surabaya.

Earth Hour 2014 @ Grand City Surabaya

Nama Astronix merupakan usulan dari Indra Gumilar (X IA-1) dan M. Bashroni Shidqon, merupakan singkatan dari Astronomi Smanix. (Smanix = julukan SMAN 9 Surabaya). Dalam nama Astronix sendiri mengandung nama “Roni” (AstRONIx), yang merupakan pendiri sekaligus Ketua Astronix. Roni mendirikan Astronix karena bertekad memberikan sumbangsih sebesar-besarnya untuk kemajuan Astronomi Indonesia, serta berkeinginan mempunyai “peninggalan” berharga untuk sekolahnya setelah sepeninggalnya dari SMAN 9 Surabaya.

Konsep lambang Astronix dibuat oleh Roni, dan penyelesainnya dilakukan oleh Zhafran Tarif, seorang teman Roni dari Makassar.

Lambang Astronix

 

Setelah sempat vakum beberapa bulan karena berbagai masalah internal, pada pergantian ajaran tahun baru, Astronix merekrut lagi anggota baru dari kelas 10 & kelas 11.

Tak disangka, ternyata teman-teman kelas 10 yang baru menjadi siswa SMAN 9 Surabaya sangat antusias terhadap Astronomi. Alhamdulillah, sekarang Astronix beranggotakan 75 anak, dengan komposisi dari kelas 12 IPA sebanyak 1 anak, kelas XI IPA sebanyak 12 anak, kelas XI IPS sebanyak 1 anak, kelas X IPA sebanyak 44 anak, dan kelas X IPS sebanyak 17 anak, dengan pembinanya adalah salah satu guru Fisika SMAN 9 Surabaya bernama Drs. Luhur Dharmawan, M. Pd & pengajar spesialis persiapan Olimpiade Astronomi yaitu Obby Dwi Syahputra (asal Riau, mahasiswa elektro ITS, peraih medali perunggu OSN Astronomi 2012).

 

Astronix periode 2014-2015

Pertemuan pertama Astronix periode 2014-2015 dilaksanakan pada hari Sabtu, 30 Agustus 2014 meliputi pembelajaran tentang Sistem Tata Surya dan pembahasan struktur organisasi Astronix periode 2014-2015.

Atas mufakat bersama, pembelajaran materi Astronomi dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 11.00 – 14.00 di ruang kelas X MIA-1, dan observasi (pengamatan) dilaksanakan setiap hari Kamis pukul 17.00 – 19.00 di lapangan SMAN 9 Surabaya.

 

 

 

Pertemuan Pertama Astronix periode 2014-2015

Setelah perjuangan yang panjang selama 6 bulan, pada hari Selasa, 23 September 2014 Astronix mengajukan proposal kepada Kepala Sekolah agar diresmikan menjadi ekstrakurikuler baru SMAN 9 Surabaya. Alhamdulillah, Kepala Sekolah dan para Wakasek menyetujui, bahkan sangat mendukung.

 

Proposal Pengajuan Permohonan Pembentukan Ekstrakuriler Astronix SMAN 9 Surabaya

Saat ini Astronix sedang membangun fondasi yang kokoh untuk sekarang dan ke depannya, dan perlahan-lahan Insya Allah memolesnya dengan berbagai prestasi. :)