8 Rahasia Cara Mudah Membuat Teleskop Lensa Fotocopy

Teleskop, itulah kata yg tdk bisa dipisahkan dgn astronomi. Teleskop ibarat mata ke-2 buat para astronom. Tidak lengkap rasanya kita menikmati benda langit tanpa kehadiran teleskop. Yg jadi masalah tdk semua astronom amatir mempunyai teleskop. Yg menjadi kendala utama adalah harga teleskop yg lumayan mahal. Selain itu terbatasnya penjual teleskop jg menjadi kendala. Maka dari itu pada tulisan kali ini saya akan mengulas cara membuat teleskop sederhana dgn bahan yg murah dan mudah didapat. Kita mulai saja ya J

Bahan-bahan:

  1. Lensa fotocopy
  2. Lensa mainan laser/lensa bekas kamera jadul
  3. Paralon 2 1/2 dim
  4. Paralon 1 dim
  5. Sok 2 1/2 dim –> 2 dim
  6. Tutup paralon 2 dim
  7. Sambungan/sok 1 dim
  8. Gear mainan bayblade

8 Langkah Cara Mudah Membuat Teleskop Lensa Fotocopy:

1. Lensa fotocopy digunakan sebagai lensa obyektif teleskop. Lensa ini bisa kita beli di pasar loak. 1 set lensa fotocopy terdiri dari 4 lensa yaitu 2 lensa cembung dan 2 lensa cekung (gambar 1). Yg kita gunakan nanti cuma 2 lensa saja yaitu 1 lensa cekung n cembung. Jd rumah lensa kita potong untuk memisahkan 4 lensa jadi 2 bagian. Setelah dipisah kita akan mendapatkan lensa obyektif dgn panjang fokus +- 50cm.

2. Lensa laser kita gunakan sebagai okuler/eyepice dari teleskop, dgn diameter +- 6mm dan fokus +- 8mm (gambar 2). Lepas lensa laser dari rumah laser dgn cara digergaji. Jika memakai lensa bekas kamera jadul maka fokus yg kita dpt sekitar 25mm. Untuk rumus pembesaran teleskop, adalah:

pembesaran= fob : fok dimana: fob = fokus lensa obyektif fok = fokus lensa okuler

3. Setelah lensa obyektif dan okuler siap, langkah selanjutnya adalah membuat badan teleskop dari paralon 2 1/2 dim. Untuk menentukan panjang tabung teleskop kita ukur dulu panjang fokus lensa obyektif. Biasanya lensa fotocopy mempunyai panjang fokus +- 50cm. Umpama panjang fokus lensa obyektif 50cm, maka buat panjang body teleskop 40-45cm, karena kita butuh ruang untuk fokuser. Untuk mengurangi cahaya liar dari tabung teleskop, cat bagian dalam tabung teleskop dgn warna hitam dob. Juga pasang diafragma pada tengah2 tabung. Diafragma bisa dibuat dari apa saja yg penting mempunyai diameter lubang 1/2 dari diameter tabung. Kita bisa mempergunakan diafragma dari lensa fotocopy (gambar 3).

4. Setelah tabung siap, pasang lensa fotocopy yg sdh dipotong dibagian depan tabung teleskop. Posisi pemasangan adalah lensa cembung di bagian depan. Ini bertujuan agar kita mendapat fokus yg maksimal. Waktu memasang lensa fotocopy pada tabung balut body lensa dgn sedikit isolatif agar lensa terpasang pas pada tabung. Perhatikan jg kelurusan lensa dgn tabung karena ini akan berpengaruh pada hasil gambar.

5. Selanjutnya pembuatan fokuser. Fokuser bisa kita buat dgn model geser ato model pake gear. Yg akan kita bahas kali ini yg model gear. Siapkan paralon 1 dim sepanjang +-10cm. Kemudian tempel gear penarik mainan beblade pada paralon tersebut. Selanjutnya lubangi tutup paralon 2 dim sebesar sok 1 dim pas di tengah. Sebelum sok 1 dim dipasang pada tutup 2 dim, belah terlebih dahulu selebar gear penarik beblade yg sdh terpasang pd body fokuser tadi. Ini berguna untuk tempat gear keluar masuk. Baru setelah itu pasang sok 1 dim td pada tutup 2 dim dan lem. INGAT!!! Jgn lupa untuk mengatur kelurusannya. Baru setelah itu body fokuser bisa dipasang pada sok 1 dim yg sdh menempel pada tutup 2 dim. Langkah selanjutnya adalah memasang gear pemutar yg terbuat dari gaer beblade jg. Setelah gear pemutar terpasang, lalu gabungkan tutup 2 dim dgn sok 2 dim —> 2 1/2 dim. Nah fokuser sdh jd deh (gambar 4).

6. Setelah semua siap tinggal rangkai deh semua bagian td. Pasang fokuser pada body teleskop & atur agar benar2 center dgn lensa obyektif. Trus untuk bagian depan tele bisa ditambahkan scope yg berfungsi sebagai pengumpul cahaya. Scope bisa dibuat dari sok paralon 2 1/2 dim —-> 3 dim. Jgn lupa cat bagian dalam scope dgn cat hitam dob. Setelah semua terpasang tinggal pasang okuler pada ujung fokuser dan jadi dech tele lensa fotocopy.

7. Untuk lbh memudahkan pengamatan bisa jg dibuat cermin diagonal yg berfungsi jg sebagai cermin pembalik (gambar 5).

8. Sedang untuk penyangga teleskop/tripod cara membuatnya bisa dicari di si mbah google ato mbak yutub. Ini gambar dari tele yg sdh jadi (gambar 6). Ok, sekian sedikit urun rembug dari saya Cak & Ning. Semoga bermanfaat. Jangan pernah menyerah dgn keterbatasan. Jadikan keterbatasan sebagai cambuk agar bisa lbh maju.

SELAMAT BERKREASI……

 

Agus Siswanto

Agus Siswanto

Wakil ketua Surabaya Astronomy Club 2014-2017

More Posts